Senin, 07 Juni 2010

PROSES MANAJEMEN

NAMA : ERI DESTRIA
NPM : 14209798
KELAS : 1EA05
Proses Manajemen

Pendahuluan

Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
 Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
 Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakankorektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
 Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Dalam tulisan ini terdapat pendapat dari L. Trewathn dan M. Gene Newport tentang roses-[roses manajemen yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, serta mengawasi aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam suatu proses manajemen demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Tulisan ini merupakan salahsatu tugas yang diberikan oleh Dosen mata kuliah Pengantar Manajemen untuk melengkapi SAP yang telah ditetapkan oleh Universitas Gunadarma. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca, mohon krtik dan saranya.
PEMBAHASAN


Begitu pula definisi yang dikemukakan oleh Robert L. Trewathn dan M. Gene Newport yang dikutip oleh Prof. Winardi, bahwa manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, serta mengawasi aktivitas-aktivitas sesuatu organisasi dalam upaya mencapai suatu koordinasi sumber-sumber daya manusia dan sumber-sumber daya alam dalam hal pencapaian sasaran secara efektif dan efisien.
definisi dari perspektif kolektivitas orang, dari sudut ini manajemen dapat diartikan sebagai kolektivitas orang yang melaksanakan pekerjaan-pekerjaan manajerial. Ini adalah maknaplural dari kata manajemen, sementara makna singular-nya adalah manajer, yaitu seseorang yang diserahi tugas dan tanggung jawab mengelola suatu bidang atau unit tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dan ketiga; pengertian manajemen menurut perspektif sebagai seni dan ilmu.
Selanjutynya Robert L. Trewatha dan M. Gene Newport (Winardi, 1990)
mengemukakan tentang makna pengambilan keputusan, adalah proses memilih
rangkaian/tindakan diantara dua macam alternatif yang ada (atau lebih) guna
mencapai pemecahan atas problema tertentu. Dari defenisi tersebut dapat ditarik
kesimpulan bahwa pengambilan keputusan mencakup suatu evaluasi sebelum adanya
tindakan memilih alternatif yang akan diimplementasikan sebagai reaksi atas suatu
problem tertentu.
PENUTUP
Dari pernyataan di atas disimpulkan bahwa Robert L. Trewatha dan M. Gene Newport mengemukakan bahwa proses manajemen terdiri atas lima proses yaitu merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan dan mengawasi segala aktivitas yang dilakukan oleh pelaku ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar